Ekspedisi Pengiriman Mobil

jasa pengiriman mobil antar pulau

Saat ini banyak konsumen dari luar daerah yang membeli mobil di Jakarta untuk kemudian dilirimkan ke daerah asal mereka baik dengan datang sendiri ke ibukota maupun beli mobil online. Pertimbangannya adalah perbandingan harga mobil baru ataupun bekas yang lebih murah di Jakarta serta ketersediaan stock unit maupun model ataupun warna yang lebih lengkap di bandingkan di daerah asal mereka.

Setelah membeli mobil pilihan ada dua cara yang dilakukan oleh konsumen untuk mengirim mobil tersebut ke daerah, cara pertama adalah dengan membawa atau menyetir sendiri dan cara kedua adalah dengan menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang.

Mengirim kendaraan seperti mobil ataupun motor tentu beda dengan mengirim dokumen atau paket kecil lainnya, selain tingkat kesulitannya lebih besar juga resiko terjadinya kerusakan jauh lebih besar. Untuk itu ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum membungkus kendaraan untuk dikirim diantaranya adalah memilih ekspedisi pengiriman mobil yang memang profesional dan dapat diandalkan.

Sebuah jasa ekspedisi pengiriman mobil yang bonafid dan kredibel sudah pasti memiliki alamat kantor yang jelas dan dapat dicek langsung status serta aktifitasnya, pastikan juga mereka memberikan layanan yang prima sesuai dengan yang mereka janjikan termasuk pula jaminan atau asuransi terhadap kargo apabila terjadi kerusakan / cacat atau bahkan kehilangan, tanyakan detail tentang tata cara atau mekanisme asuransi yang disediakan agar tak menyesal kemudian hari.

Jenis Jasa Services Ekspedisi

Door to door services, yaitu jenis pelayanan dimana perusahaan penyedia jasa ekspedisi pengiriman mobil datang ketempat pelanggan dan mengambil barangnya untuk kemudian diantarkan sampi ke alamat tujuan, layanan ini biasanya digunakan oleh mereka yang sangat sibuk dan tak memiliki waktu untuk mengantar barang ke kantor ekspedisi dan cukup melakukan order via internet atau by phone, dimana tentunya tarifnya lebih tinggi dibanding jenis servis berikut ini,

Port to door services adalah jenis layanan dimana pengirim barang mengantar sendiri mobilnya ke kantor ekspedisi dimana kemudian barang akan diantarkan hingga alamat tujuan, sedangkan yang terakhir adalah port to port services dimana pengirim mengantarkan barangnya ke kantor serta penerima akan mengambilnya di kantor perwakilan yang telah ditunjuk.

Ketepatan dan harga adalah pertimbangan selanjutnya dimana kedua ini bisa sangat berkaitan, bila anda membutuhkan pengiriman secara cepat, maka pengiriman via udara oleh pesawat kargo adalah pilihan tepat, namun tentu saja biayanya akan lebih besar dibanding pengiriman lewat darat maupun laut.

Untuk pengiriman lewat jalur darat dibagi lagi menjadi beberapa jenis yakni melalui kereta express, kereta parcel atau kereta barang serta melalui truck kargo. Pilihan ekspedisi pengiriman mobil terakhir dan paling murah biayanya adalah melalui jalur laut dengan menggunakan kontainer dalam kapal  kargo atau biasa disebut kapal roro.

One comment

Leave a comment