KIA KX3 Siap Menantang Honda HRV

Kia kx3 vs honda hrv indonesia

KIA KX3 Concept – Fenomena Honda HR-V atau Vezel yang membangkitkan kembali kegairahan pasar dikelas crossover utillity vehicle tak ayal membuat sejumlah manufaktur pesaing ingin mengukir jejak kesuksesan serupa.

Salah satunya adalah Kia Motors Corporation, manufaktur raksasa asal Korea Selatan itu baru – baru ini telah memperkenalkan model konsep terbaru mereka bernama KX3 melalui gelaran Guangzhou Auto Show, bulan November 2014 kemarin.

Kia nampaknya tak mau kalah dengan saudaranya sesama produsen otomotif asal negeri ginseng yakni Hyundai yang telah terlebih dahulu menghadirkan calon andalan mereka di segment CUV untuk menantang hegemoni HR-V dari Honda maupun Nissan Juke.

Seperti diketahui, sang kompatriot telah mencuri start dengan memperkenalkan sosok concept car mereka dari kelas B segment SUV bernama Intrado saat ajang Geneva Auto Show bulan Maret 2014 lalu

Penantang HR-V ini sendiri dikabarkan hanya akan dipasarkan secara ekslusif di China mulai tahun 2015 mendatang. KMC akan menggandeng manufaktur lokal sekaligus merupakan rekanan mereka di negeri Tirai Bambu tersebut yakni Dongfeng Yueda untuk proses produksi hingga distribusi KX3 kelak.

Kalau begitu jadinya, maka si penerus Kia Sportage itu akan berhadapan langsung dengan XR-V nama lain sang HR-V di Tiongkok yang diproduksi bersama oleh Dongfeng – Honda.

Mengapa Sportage ? ya prototype ini disebut sebut sebagai suksesor sejati dari SUV legendaris keluaran KMC tersebut. Sangat beralasan memang bila melihat foto serta spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh sang produsen saat premierenya di Guangzhou Auto Show. Terlihat jelas bila KX3 mengadopsi konsep desain SUV Kia itu terutama bentuk dasar eksterior kendaraan.

Prototype KIA KX3 China

Sosok sebagai sebuah SUV bernuansa coupe seperti dipertunjukan secara demonstratif oleh Sportage terulang kembali pada model concept terbaru KMC.

Tarikan garis atap kendaraan nan aerodinamis menonjolkan aura layaknya sebuah mobil balap, sementara pesona ketangguhan kendaraan penjelajah dihadirkan oleh lekukan otot roda memberikan efek kekar pada calon mobil Kia terbaru ini.

Dibagian depan, KX3 juga memodifikasi model Tigernose Grill yang belakangan menjadi trademark untuk sejumlah produk terbaru KMC seperti Kia Picanto maupun New Carens menjadi sedikit melebar hingga menampilkan kesan lebih agresif.

Aksentuasi krom masih membingkai grill depannya itu untuk memberikan nuansa mewah. Headlamp konon dilengkapi teknogi LED Daytime Running Lights dengan bentuk menyipit sejajar dengan bentuk pilar A pada facia kendaraan.

Tak ada rilis resmi mengenai detail interior mobil Kia anyar ini, sang Korean automakers itu hanya menyebut bila musuh HR-V di China itu akan dibekali sederet fitur berteknologi modern dan paling update dengan material berkualitas tinggi sebagai pelapis dashboard, trim maupun kursi kursi. Intinya, ruang kabin KX3 akan dirancang agar mengutamakan kenyamanan para penumpangnya.

Sedangkan untuk spesifikasi teknis penunjang performa kendaraan, KMC rupanya bersedia sedikit lebih terbuka. Dikatakan bila prototype ini nantinya akan menggunakan mesin 4 silinder 1.6L berbahan bakar bensin dilengkapi Turbocharger.

Dimensinya sendiri berukuran pxlxt sebesar 4260x1765x1630 dengan jarak antar sumbu roda 2590 milimeter, muatan dalam bagasinya sendiri berkapasitas 400 liter. Sang produsen mengklaim bila platformnya dirancang menggunakan high tensile steel sesuai standar rating bintang 5 pada C-NCAP.

KMC menyebut bila prototype ditujukan bagi konsumen muda di negeri China yang menginginkan nilai lebih serta kualitas tinggi pada sebuah C–segment SUV.

Amat disayangkan memang crossover ini hanya akan dipasarkan di Tiongkok hingga kesempatan publik tanah air menyaksikan rivalitas tingkat tinggi antara Kia KX3 vs Honda HR-V maupun New Juke secara langsung menjadi sangat kecil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s